Dan Terjadi Lagi, Berita Hoax Menjadi Ancaman Dan Merusak Pola Pikir Masyarakat Indonesia!


Ada banyak cara kita untuk mendapatkan sebuah informasi, salah satunya yang paling mudah adalah melalui media sosial. Beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube sering digunakan masyarakat Indonesia untuk berekspresi, untuk bercerita dan untuk mendapatkan berita. Namun, sayangnya, tidak sedikit orang yang justru memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan berita palsu, dan tidak sedikit pula orang yang percaya dengan berita tersebut.

Seperti video yang di post oleh Merry Riana, di Channel Youtubenya “Indonesia, Masihkah ada Harapan?” durasi dalam video ini adalah 3 menit 48 detik, di menit awal video ini seolah menunjukkan keputusasaan terhadap Negara Indonesia, bagaimana Indonesia kedepan, bagaimana nasib bangsa ini kemudian, seolah olah dalam tayangan awal memang tidak ada lagi harapan untuk Indonesia berkembang dan maju. Inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh sedikit orang untuk membuat berita Hoax. Padahal, jika video tersebut dilihat hingga selesai, Merry Riana mengajak masyarakat Indonesia untuk optimis terhadap keberlangsungan Negara Indonesia. Video Hoax tersebut disebarkan melalui media sosial seperti Whatsapp, Instagram dan Facebook.

Mengenai video hoax yang tersebar tersebut, Merry Riana akhirnya membuat klarifikasi bahwa video yang tersebar adalah hoax, ia menyebutkan bahwa video potongan tersebut tidak benar, karna hanya berdurasai beberapa detik saja, sementara video yang sebenarnya adalah 3 menit 48 detik, seperti yang saya sebutkan tadi.

Merry Riana adalah salah seorang motivator yang berusaha berbuat yang terbaik untuk seluruh generasi muda di Indonesia, agar menciptakan generasi yang cerdas dan mempunyai mental pemenang. Namun, semua itu dirusak oleh bangsa kita sendiri yang berusaha membuat berita yang tidak benar dan membuat masyarakat berfikir negative tentang video tersebut. Namun tidak sedikit warganet yang langsung berfikir negative setelah melihat video hoax bermunculan di media sosial. Justru banyak warganet yang langsung melihat video aslinya sehingga banyak komentar positif tentang video tersebut.

Berikut bukti video aslinya yang di upload di Youtube beberapa waktu lalu dan komentar positive warganet tentang video “VIRAL! INDONESIA MASIHKAH ADA HARAPAN? (HARUS nonton sampai habis) | Spoken Word | Merry Rianayang diunggah pada tanggal 29 Mei Tahun 2019.



@Jhony AndrianInti nya biasakan menonton sampai selesai dan jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan agar tidak terjadi kesalah pahaman”

@Aditya Hadi Prayoga “Saya kira kak Merry pro 02, tapi ternyata 03 persatuan Indonesia. Sumpah keren banget konten nya”

Menggunakan media sosial adalah kebebasan setiap masyarakat, dari mulai anak kecil hingga orangtua bebas menggunakannya. Namun ada batasannya, yaitu tidak menyalahgunakan media sosial untuk hal negative.  Maka dari itu  Sosial  media seharusnya digunakan bukan untuk menjatuhkan, tapi saling menguatkan.

Indonesia negeri yang sangat beragam tetapi bukan berarti harus saling tikam satu sama lain, hanya karna berbeda Agama, Suku, Budaya dan yang lainnya. Yuk! Stop Hoax.. Saatnya kita bijak dalam bermedia sosial.