Fitur-Fitur `Tongkat Sihir` S Pen untuk Kehidupan Kamu Sehari-hari

Pada tanggal 18 Agustus 2020 silam, Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra resmi diluncurkan di Indonesia. Kedua tipe Samsung Note terbaru ini punya performa yang tangguh, baterai besar, layar yang memukau, dan tidak lupa S Pen yang lebih canggih di bandingkan dengan S Pen di series Galaxy Note sebelumnya.

S Pen dari samsung kali ini membawa banyak fitur dan spesifikasi yang lebih baik. Samsung juga mengklaim, S Pen kali ini lebih responsif berkat latency yang lebih rendah, hanya 9ms. Dengan begitu, S pen di Galaxy Note20 series bisa merespon pergerakan dengan cepat dan singkat, tidak ada lagging saat mengetuk layar menggunakan pen.

Peningkatan performa dan fitur ini diakui sendiri oleh Taufiqul furqan selaku Product Manager Samsung Electronics Indonesia yang menyebutkan, "Pada Samsung Galaxy Note20 ini kami telah memberikan peningkatan pada performa dan fitur dari S Pen sendiri." untuk membuktikan sehebat apa fitur yang ada di S Pen, mari kita simak ulasannya di sini.


1. Air Action


Ini adalah salah satu fitur yang menarik. Di fitur Air Action memungkinkan penggunanya bisa mengontrol HP menggunakan S Pen tanpa perlu menyentuh layar. Jadi, sensor dari Air Action ini dibuat berdasarkan sensor Gyroscope sehingga bisa mengklik atau mengontrol apapun yang dilakukan di HP tanpa perlu bersentuhan dengan layar. Tinggal arahkan S Pen saja.

yang lebih mengesankan, AI dari S Pen di Galaxy Note20 series punya peningkatan yang sangat signifikan. Jadi, sudah bisa dipastikan kalau menggunakan Air Action tidak akan mengalami hambatan dan pengontrolnya pun lebih akurat.


2. Beberapa Navigasi Baru


S Pen tidak hanya untuk sekedar tulis menuis atau mengontrol aplikasi tanpa menyentuh layar saja. S Pen bisa melakukannya lebih dari itu dengan berbagai navigasi yang sangat membantu para pengguna Galaxy Note20 Series.

Memang, sebelum adanya Note20 Series, setiap Samsung Pen sudah dibekali dengan sistem navigasi standar. Tapi kali ini, Samsung memberikan navigasi yang baru, di antaranya adalah Smart select, screen Writer, Back, Recent App, Home, dan Screen Capture.


3. Anywhere Action


Satu lagi fitur baru yang menarik di S Pen yang disebut sebagai Anywhere Action. Sesuai dengan namanya, S Pen ini bisa digunakan dalam kondisi apapun., tidak harus di atas layar HP saja tapi bisa juga untuk mengontrol di perangkat lain, salah satunya Smart TV. Bahkan dengan S Pen, pengguna bisa menyimpan data ke dalam dua format, yakni Word dan PDF secara langsung.

Berkat kerjasamayang dibangun oleh Samsung dan Microsoft, membuat pengguna Galaxy Note 20 Series semakin mudah karena bisa langsung mengedit dokumen World atau PDF secara langsung. Cukup sentuh dan klik di S Pen maka semuanya bisa dikendalikan dengan sempurna.


4. Audio dan Text Synchronnization


Galaxy Note series memang selalu menghadirkan fitur voice note, tapi untuk kali ini fitur tersebut terasa lebih spesial karena voice note bisa di gunakan secara bersamaan dengan aplikasi catatan. Untuk mengaktifkn voice note dan menulis catatan secara bersamaan, pengguna bisa melakukannya hanya dengan menggunakan S Pen.

Tentu saja hasil catatan yang ditampilkan bias lebih lengkap, karena jika ada catatan yang terlewat, bisa klik salah satu teks tersebut menggunakan S Pen. Secara otomatis, hasil rekaman akan langsung disinkronkan dengan catatan kamu sebelumnya sehibffa hasil catatannya lebih rapi dan detail.