5 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik di Android dan iOS

Ketika berada di keramaian atau pun di dalam ruangan, sering kali kita mendengar bebrapa lagu yang diputar. Entah itu memalui smartphone, televisi, radio dan media lainnya. Saat Kalian tertarik dengan lagu tersebut karena terkesan dengan liriknya, atau karena lagunya easy listening, pasti membuat diri penasaran mencari tahu judul dan penyanyi lagu itu, kan?

Kalian dapat mencari lagu-lagu dengan mudah hanya melalui aplikasi yang terdapat pada smartphone. Kalian bisa memperoleh informasi lengkap dengan cepat dan akurat mulai dari judul, nama dan biografi penyanyi, hingga track atau pun lirik lagu yang dimaksud.

Dengan menggunakan beberapa aplikasi pendeteksi lagu ini, Kalian cukup mendekatkan smartphone pada sumber lagu, menulis sepenggal lirik yang teringat, atau bahkan berdehem menyanyikan melodi lagunya, mau itu lagu lokal atau pun asing.


1. Shazam



Jika aplikasi pendeteksi lagu lain secara umum dapat diperoleh di Android, Shazam yang telah di unduh lebih dari 100 juta orang ini dapat digunakan melalui Android, Mac, Windows maupun IOS. Lebih serba guna dan pengertian, ya? Padahal, aplikasi yang dirilis pada tahun 2002 ini dikembangkan oleh Apple Inc., loh.

Yang disukai dari Shazam adalah ukurannya yang kompatibel, serta cara penggunaan yang cukup mudah. Hanya dengan mendekatkan smartphone ke sumber suara, Kalian bisa mencari lagu dalam keadaan online atau pun offline!

Sejauh ini, Shazam dikenal cukup baik dalam mendeteksi lagu secara otomatis mau itu lagu lokal atau pun asing. Informasi mulai dari judul, penyanyi, bahkan background lagu yang Kalian cari akan ditampilkan.


2. SoundHound


Aplikasi pendeteksi lagu yang dirilis pada tahun 2005 milik SoundHound Inc. ini telah digunakan lebih dari 100 juta orang. Aplikasi asal Amerika yang memiliki nama serupa dengan pengembangnya, SoundHound, didesain sangat kompatibel dari ukuran maupun sistem operasi.

Selain dikenal akurat dan cepat dalam mendeteksi lagu, user dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari informasi terkait lagu yang dicari hanya dengan potongan lirik yang teringat saja, walaupun itu acak.


3. Musixmatch


Aplikasi Musix MAtch diciptakan oleh pengembang asal itali dengan nama yang serupa dan dirilis pada tahun 2010. Musixmatch menghadirkan aplikasi pendeteksi lagu dengan ukuran yang bervariasi dan dapat diperoleh pada sistem operasi iOS, Windows, maupun Android 4.1 ke atas. Aplikasi Musix Match juga dikenal luas dapat ditemukan di platform musik, seperti Joox atau Spotify.

Aplikasi ini dapat mendeteksi lagu dan menampilkan informasi seputar lagu, penyanyi, bahkan juga liriknya sekaligus. Selain itu, Musix Match juga mengusung user interface yang ringan dan menarik, sehingga sangat pantas jika aplikasi pendeteksi lagu tersebut telah diunduh lebih dari 50 juta orang.


4. Genius


Selain memiliki website dan sering kali muncul di beberapa patform musik, Genius Media Group, Inc juga merilis aplikasi pendeteksi lagu dengan nama yang sama, yaitu Genius. Aplikasi besutan perusahaan asal amerika yang rilis pada tahun 2009 ini sangat kompatibel, mulai dari ukuran hingga sistem operasi karena bisa menyesuaikan.

 Genius selalu mengusung user interface yang ringan dan cepat namun tetap menarik. Aplikasi pendeteksi lagu ini juga dapat mencari informasi terkait lagu maupun penyanyi dengan dilengkapi video musik atau lagu yang dirilis secara resmi. Sehingga, dapat langsung Kalian dengarkan setelah lagu yang dicari selesai dideteksi. Jadi, wajar saja jika aplikasi Genius ini sudah diunduh lebih dari 5 juta orang.


5. Music Recognition


Music Recognition sedikit berbeda dari aplikasi pendeteksi lagu yang lain. Aplikasi yang diperoduksi oleh Beatfind Music Recognition ini tidak hanya mendeteksi judul dan biografi penyanyi, tapi juga track lainnya dari penyanyi tersebut. Aplikasi yang dirancang ringan dengan ukuran 3.2 MB ini cukup mudah digunakan dan dapat menemukan lagu dengan cepat.

Jadi, pantas saja jika Music Recognition telah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang. Apa bila Kalian ingin memperolehnya, aplikasi ini dapat ditemukan pada smartphone yang mendukung sistem operasi Android 4.2 ke atas. Tenang aplikasi ini gratis.

Jadi, sekarang Kalian tidak perlu pusing lagi menidentifikasi lagu favoritmu. Kelima apliaksi tadi siap membantu mencari informasi seputar lagu apapun yang ingin diketahui. Pernah mencoba salah satu aplikasinya?.